Cara Membuat Saluran YouTube Dengan Mudah

Jadi, Anda memutuskan untuk membuat saluran YouTube?


Bagus! Kami tidak sabar untuk melihat konten luar biasa yang Anda promosikan. Sebelum kami ikut serta, penting untuk diperhatikan bahwa mempertahankan saluran YouTube membutuhkan waktu dan perencanaan ekstra.

Tidak seperti platform jejaring sosial lainnya, YouTube secara eksklusif menyelenggarakan konten video.

Jika Anda hanya membuat saluran YouTube untuk mengunggah satu video dan tidak berniat mempertahankan platform, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya kembali.
Anda harus menyisihkan banyak waktu untuk merencanakan, memfilmkan, mengedit, memasarkan, dan menganalisis konten secara konsisten.


Anda harus menentukan sasaran merek Anda dan merencanakan bagaimana video secara khusus dapat membantu Anda mencapainya.

Jika Anda hanya membuat saluran YouTube untuk mengunggah satu video dan tidak berniat mempertahankan platform, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya kembali.

Namun, jika Anda mencurahkan waktu dan tenaga dalam jumlah yang tepat ke dalam platform, Anda akan dapat membuat konten yang menarik dan dapat dibagikan untuk audiens yang berkembang.
Sebelum Anda mulai merekam konten video, Anda harus menyiapkan saluran YouTube Anda.

Ini bisa menjadi sedikit rumit. Seperti yang mungkin Anda ketahui, YouTube dimiliki oleh Google. Akibatnya, ketika Anda mendaftar untuk akun Gmail, Anda akan secara otomatis memiliki akses ke akun YouTube, akun Google+, dan banyak lagi.
Bergantung pada bisnis Anda, Anda mungkin tidak ingin mengikat email Anda ke saluran YouTube bisnis Anda, terutama jika Anda perlu berbagi akses ke akun dengan anggota tim atau mitra biro iklan.

Kami menyarankan Anda membuat akun email umum yang dapat digunakan oleh banyak orang.
Untuk memulai, kunjungi Google.com dan klik "Masuk" di sudut kanan atas.

Membuat akun YouTube :

Membuat akun YouTube

Selanjutnya, klik "Buat Berikutnya, klik" Buat akun "di bagian bawah halaman.

Masukkan nama Anda, email dan kata sandi yang diinginkan, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, email saat ini, dan negara sebelum mengklik "Langkah berikutnya." Harap dicatat, Google mengharuskan semua pengguna untuk setidaknya berusia 13 tahun.


Setujui Kebijakan Privasi dan Ketentuan Layanan Google, kemudian verifikasi akun Anda dengan kode yang dikirim melalui teks atau panggilan telepon.

Selamat! Anda sekarang adalah pemilik akun Google.

Menyiapkan Akun Merek YouTube


Oke, Anda sekarang memiliki akun Google, dan Anda siap untuk menerbitkan beberapa konten video yang luar biasa, tetapi kami belum selesai! Anda sekarang perlu menyiapkan akun merek YouTube. Akun merek memungkinkan pengguna mengelola izin pengeditan dan membuat kehadiran online yang lebih holistik.

Untuk memulai, kunjungi YouTube.com. Di sudut kanan atas, Anda harus memperhatikan bahwa Anda mungkin sudah masuk. Jika ini tidak benar, klik tombol "Masuk" berwarna biru di sudut kanan atas, dan masukkan nama pengguna akun Google Anda dan kata sandi.


Setelah Anda masuk, klik "Saluran saya" di bilah menu sebelah kiri.

Di sana, Anda akan memiliki opsi untuk membuat saluran segera. Jangan klik "Create Channel." Klik "Gunakan nama bisnis atau lainnya" di bawah ini.


Masukkan nama akun merek Anda dan tekan "Buat." Catatan: Anda dapat memperbarui atau mengubah nama saluran Anda dari pengaturan akun Anda nanti, jadi jangan khawatir jika Anda perlu merevisi label yang Anda pilih.

Sekarang setelah Anda memiliki Akun Merek, mari sesuaikan. Klik "Edit Layout" untuk memulai.


Mulai dengan menambahkan ikon saluran dan sampul saluran. Ini akan menjadi hal pertama yang dilihat pengguna ketika mengunjungi akun YouTube Anda jadi pastikan untuk menggunakan gambar yang mudah dikenali dan konsisten dengan keseluruhan pencitraan merek Anda.

Ikon saluran mirip dengan gambar profil Facebook. Gambar ini akan digunakan di semua properti Google Anda seperti Gmail dan Google+. Pertimbangkan untuk menggunakan logo perusahaan atau, jika Anda seorang tokoh masyarakat, seorang headshot profesional.

Untuk menambahkan ikon saluran, klik gambar profil merah default di sudut kiri atas saluran Anda. Lalu unggah gambar. Google merekomendasikan untuk mengunggah gambar berukuran 800 x 800 piksel atau bulat. Harap perhatikan, mungkin perlu waktu beberapa menit agar ikon saluran Anda muncul setelah mengunggah.

Selanjutnya, unggah sampul saluran Anda. Klik tombol "Tambahkan sampul saluran" biru di tengah saluran Anda.


Unggah gambar berukuran 2560 x 1440 piks yang akan diskalakan dengan baik - di seluruh desktop, tablet, seluler, dan TV.

Lihat kerangka materi iklan saluran YouTube untuk panduan desain khusus.
Setelah Anda mengunggah ikon dan seni saluran Anda, tambahkan deskripsi saluran, email perusahaan, dan tautan ke situs web perusahaan Anda dan platform sosial lainnya di bagian Tentang.

Deskripsi Anda harus memberikan lebih banyak informasi tentang perusahaan Anda dan menjelaskan jenis konten video apa yang Anda rencanakan untuk dibagikan.

Mesin telusur melihat deskripsi Anda saat menentukan cara menentukan peringkat profil Anda sehingga memasukkan kata kunci yang relevan dalam ikhtisar Anda.

Kami akan berbicara lebih banyak tentang cara mengoptimalkan deskripsi saluran YouTube Anda di bawah ini.


Dengan profil dasar yang lengkap, saatnya menambahkan beberapa sentuhan akhir! Sebelum melanjutkan, penting untuk mendapatkan satu hal - Anda dapat menyesuaikan tampilan saluran YouTube Anda kepada pelanggan dan pengunjung yang tidak berlangganan.

Ini berarti bahwa pemirsa yang tidak berlangganan akan melihat konten unggulan yang berbeda dari pemirsa yang berdedikasi dan berlangganan. Sangat keren, kan?
Salah satu cara utama Anda dapat memanfaatkan fitur ini adalah dengan membuat cuplikan saluran.

Cuplikan saluran adalah versi video dari deskripsi Anda dan ditampilkan kepada semua pemirsa yang tidak berlangganan. Cuplikan Anda harus pendek dan manis (sekitar 30 hingga 60 detik).

Fokus untuk menunjukkan kepada pengunjung tentang apa saluran Anda, apa yang dapat mereka harapkan untuk dilihat, dan mendorong mereka untuk berlangganan.

Cuplikan Anda tidak akan terganggu oleh iklan, membuat pengguna fokus pada mengapa mereka harus menonton lebih banyak video dari merek Anda.


Siap memulai? Pertama, pastikan penyesuaian saluran diaktifkan. Untuk melakukan ini, klik ikon roda gigi di samping tombol berlangganan di sudut kanan atas saluran Anda.


Selanjutnya, alihkan "Sesuaikan tata letak saluran Anda" menjadi aktif dan tekan "Simpan."

Setelah menyiapkan saluran untuk penyesuaian, unggah cuplikan Anda.

Klik tombol panah unggah di sudut kanan atas dan pilih file video Anda. Ingat untuk menambahkan kata kunci ke nama dan deskripsi cuplikan Anda.
Setelah video Anda diunggah, klik pada tab "Untuk pengunjung baru" di beranda saluran Anda.

Kemudian klik "Cuplikan saluran."

Terakhir, pilih cuplikan yang Anda unggah, atau masukkan URL ke video yang ingin Anda tampilkan, dan tekan "Simpan."

Terakhir, saluran Anda mungkin memenuhi syarat untuk URL khusus jika Anda memiliki lebih dari 100 pelanggan, ikon saluran, sampul saluran, dan berusia lebih dari 30 hari.

Sebelum Anda mulai menerapkan rencana pemasaran YouTube Anda, Anda harus memutuskan siapa saja di tim Anda yang akan membutuhkan akses ke akun tersebut. Memberikan akses ke anggota tim akan memungkinkan mereka untuk membantu mengelola saluran melalui akun Google mereka sendiri.

Saat Anda memberikan akses ke akun Google, ada tiga opsi untuk peran:

Pemilik: Pemilik memiliki kekuatan pengeditan penuh atas semua properti Google perusahaan. Mereka dapat menambahkan atau menghapus pengelola, mengedit informasi bisnis, menanggapi ulasan, dan lainnya.

Manajer: Manajer memiliki kekuatan pengeditan yang sama dengan Pemilik, kecuali mereka tidak dapat menambah atau menghapus peran halaman atau menghapus daftar. Siapa pun yang mengedit saluran YouTube harus menjadi Manajer atau Pemilik.

Manajer Komunikasi: Manajer Komunikasi dapat menanggapi ulasan dan melakukan beberapa tindakan lain tetapi mereka tidak dapat menggunakan pengelola video YouTube, mengunggah konten, atau melihat analitik.

Untuk menambahkan individu ke akun Anda, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas saluran YouTube Anda. Buka "Ikhtisar" dan klik "Tambah atau hapus pengelola."

Klik "Kelola Izin."


Kemudian, pilih ikon orang di sudut kanan atas untuk mengundang pengguna baru.


Untuk memberikan izin kepada seseorang, masukkan alamat Gmail mereka dan tunjukkan peran mereka.